Selasa, 01 Januari 2013

Ungkapan Hati....


Kadang orang yg kita cintai gak biza kita miliki
Kadang juga orang yg kita miliki gak kita cintai
Ini akan menjadi sebuah tanda Tanya yg gak akan dimengerti
Karena, cinta bukan mimpi,  Tapi harapan.
Bukan apa yg di dapatkan
Tp apa yg dirasakan
Maka kita akan berkata :
Jika cinta adalah harapan,
Maka hati adalah jawaban.
Ingat lach,
Tuhan menciptakan kita dengan :
2 Mata
2 Telinga
2 Tangan
2 Kaki
2 Paru – paru
Bahkan dengan 2 Ginjal
Tapi kenapa tuhan hanya memberikan kita 1 Hati ?
Karena, Hati yg 1 nya lagi ad pada mou… J

Membuat Jaringan Komputer

Membuat Jaringan Komputer, Server | Cara Membuat LAN | Network Jaringan | Internet Jaringan



Membangun Jaringan Komputer, Server | Cara Membuat LAN | Network Jaringan | Internet Jaringan - Sudah tahu kan apa itu jaringan? penjelasan singkatnya sih jaringan itu bisa kita artikan menghubungkan beberapa komponen komputer, seperti menghubungkan komputer satu dengan komputer lain, lalu apa tujuannya? banyak sekali tujuan membuat jaringan, yang jelas jaringan komputer akan sangat membantu bagi pekerjaan.

Nah, kali ini saya akan share ebook dari QMG yang tentunya akan sangat membantu anda dalam mempelajari seputar jaringan. ebook ini berisi berbagai macam materi mengenai jaringan komputer, mulai dari sejarah jaringan komputer hingga tutorial membuat sebuah jaringan.


QMG sendiri memiliki 4 ebook utama yaitu teknisi komputer, teknisi jaringan, teknisi laptop, dan motherboard repair. selain 4 ebook tersebut ada juga ebook bonus jika anda memesan paket diskon. paket diskon sendiri adalah paket dimana anda membeli semua ebook dari QMG termasuk 4 ebook utama dan semua bonus ebook + software dengan harga yang jauh lebih murah dari harga asli


CHAPTER 1 MENGENAL JARINGAN KOMPUTER                                              
1.     Sejarah Jaringan Komputer
2.     Manfaat Jaringan Komputer
3.     Topologi Jaringan komputer
4.     Membedakan Jenis Jaringan Komputer
5.     Memahami Lebih Mendalam Beberapa Jalur Jaringan Komputer
6.     Sistem Operasi Baru dan Jaringan Komputer
7.     Berkenalan dengan Antarmuka Jaringan Windows XP



CHAPTER 2 HARDWARE JARINGAN KOMPUTER

1.     Komputer Server
2.     Ethernet Hub
3.     Ethernet Switch
4.     Routers Network Repeater
5.     Network Bridges
6.     Network Adapter
7.     Wireless Network Interface Controller
8.     Modems
9.     Networking Cable
10.                        Hardware Firewall
11.                        Stand Alone Wireless Access Point (WAP)


CHAPTER 3 INSTALASI PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER

1.     Persiapan Peralatan Kerja
2.     Menyiapkan Perangkat Keras Jaringan
3.     Langkah kerja pemasangan perangkat keras
4.     Penempatan Komputer Server
5.     Pemasangan Kompter Server Pada Hub/Switch
6.     Pemasangan Komputer Klien pada LAN kabel
7.     Penempatan HUB/Switch
8.     Penempatan dan Pemasangan Router


CHAPTER 4 INSTALASI PERANGKAT LUNAK JARINGAN KOMPUTER

1.     Instalasi Sistem Operasi
2.     Cara Set Computer Name dan Workgroup pada Windows XP
3.     Pengaturan Network Connections
4.     Cara Konfigurasi TCP / IP Address Pada Komputer Server
5.     Cara Konfigurasi TCP / IP Address Pada Komputer Klien
6.     Cara Konfigurasi TCP / IP Address Printer Server
7.     Cara Konfigurasi TCP / IP Address Wireless Router
8.     Pengaturan Software Warnet Pada jaringan Komputer


CHAPTER 5 KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER

1.     Klasifikasi Keamanan Jaringan Komputer
2.     Macam-Macam Serangan Jaringan Komputer
3.     Membangun Sistem Keamanan Jaringan Komputer Yang Kuat


CHAPTER 6 MELAKUKAN KONEKSI PADA JARINGAN

1.     Melakukan Koneksi Jaringan Kabel
2.     Melakukan Koneksi Jaringan Wireless
3.     Memeriksa Status Koneksi Jaringan
4.     Set Up dan Tes Remote Desktop Pada Windows
5.     Set Up dan Tes Remote Desktop Web Connection


CHAPTER 7 PENGATURAN SHARING DALAM JARINGAN

1.     Menginstall [File and Printer Sharing] Pada Windows XP
2.     Sharing File Dan Folder Dalam Jaringan
3.     Sharing Drive Dalam Jaringan
4.     Advanced File Sharing Sharing
5.     Koneksi Internet Dalam Jaringan Kabel Melalui Komputer Server
6.     Sharing Koneksi Internet Dalam Jaringan Kabel Tanpa Melalui Komputer Server
7.     Setting Komputer Ad Hoc Wireless Network
8.     Pemetaan Drive Sharing Dalam Jaringan
9.     Membuat Folder Sharing Bisa Diakses Secara Offline
10.                        Mengakses File dan Folder Sharing
11.                        Mengakses dan Bekerja Dengan Offline Files


CHAPTER 8 TROUBLESHOOTING  JARINGAN  KOMPUTER

1.     Troubleshooting Koneksi Jaringan Lokal
2.     Troubleshooting File and Printer Sharing in Microsoft Windows XP
3.     Network Troubleshooting Commands
4.     Troubleshooting Diagnostic Tools

Visual Studio.Net 2008

Visual Studio .NET 2008 merupakan salah satu produk pengembangan aplikasi yang diproduksi oleh Microsoft. Visual Studio .NET 2008 dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi web ASP .NET, XML Web Service, aplikasi desktop dan juga aplikasi mobile. Dalam Visual Studio .NET 2008 terdapat beberapa tool yang dapat dipilih untuk pengembangan aplikasi. Tool-tool tersebuat antara lain adalah Visual Basic, Visual C# dan Visual C++. Tool-tool pada Visual Studio .NET 2008 tersebut  menggunakan IDE (Integrated Development Environment) yang sama sehingga dapat saling berbagi pakai fasilitas dalam pengembangan aplikasi.
Pada Visual Basic .NET 2008 banyak sekali fasilitas wizard yang disediakan untuk memudahkan para pengembang aplikasi. Dengan fasilitas ini, pengembangan aplikasi dapat dilakukan dengan cepat. Ini memungkinkan para pemula untuk belajar lebih cepat dalam pengembangan aplikasi. Pada buku ini akan dibahas pembuatan atau pengembangan aplikasi sistem inventory dengan menggunakan Visual Basic .NET 2008. Visual Studio .NET 2008 juag terdapat alat atau tool untuk membuat report atau laporan.

Pengenalan VB

Visual Basic adalah sebuah alat yang memungkinkan kita untuk membuat aplikasi berbasis Windows GUI (Graphical User Interface). Aplikasi yang dihasilkan mirip seperti aplikasi-aplikasi windows lainnya, seperti MS Word, MS Excel, Wordpad, dsb; sehingga user yang terbiasa bekerja di lingkungan windows akan cepat menguasai aplikasi yang kita buat nantinya.

Aplikasi yang dibuat dengan Visual Basic bekerja berdasarkan event-event. Contoh event : user klik tombol, pilih menu, dll. Jadi ketika tidak ada event yang terjadi (user tidak melakukan apa-apa), aplikasi berada dalam kondisi tidak aktif. Sebenarnya semua aplikasi windows bekerja berdasarkan event-event. Contoh : MS Word tidak akan melakukan pekerjaan sebelum kita menyuruhnya (ketik teks, pilih warna, format font, dsb).

Penggunaan event ini sangat menguntungkan, karena kita tidak perlu menyelesaikan aplikasi hanya untuk mencoba sebuah event tertentu. Contoh : untuk melihat apakah aplikasi kita dapat membuka file, kita cukup menjalankan event tersebut (biasanya pemilihan menu file  open).

Sejarah Visual Basic
- Visual Basic for DOS dan Visual Basic for Windows diperkenalkan pada tahun 1991
- Visual Basic 3 dikeluarkan pada tahun 1993
- Visual Basic 4 dirilis pada akhir 1995 dengan menambahkan dukungan untuk aplikasi 32 bit.
- Visual Basic 5 dikeluarkan pada akhir 1996 dengan menghilangkan dukungan pembuatan aplikasi 16 bit.
- Visual Basic 6, 1998. Aplikasi yang dibuat dengan Visual Basic 6 dapat berjalan pada Windows 95, 98, Millenium, NT, 2000.

Pembuatan Aplikasi
Langkah Umum
1. Buat interface aplikasi dengan menempatkan control / object pada form.
2. Modifikasi properti control.
3. Buat kode pada event-event dari control, dan kode pelengkap (bukan event, misalnya fungsi/prosedur yang kita buat sendiri).

Dengan adanya event, maka kita dapat mengerjakan aplikasi per event. Jika satu event sudah berjalan dengan benar, kerjakan event yang lain. Dengan demikian cara kita membuat aplikasi menjadi modular (kerjakan event 1, event 2, event 3, dst sehingga menjadi aplikasi yang sebenarnya). Cara ini juga memudahkan kita untuk men-debug program apabila terjadi kesalahan.

Visual Basic berjalan pada 3 mode :
- Mode Design, dalam modus inilah pembuatan aplikasi dilaksanakan
- Mode Run, dalam mode ini aplikasi dijalankan.
- Mode Break, dalam mode ini aplikasi di hentikan sementara mengaktifkan Visual Basic Debugger (untuk mendebug program, biasanya dilakukan untuk melacak kesalahan/error).

Visual Basic IDE (Integrated Development Environment)

Window Utama
Window Utama terdiri dari Title Bar, Menu Bar, dan Toolbar. Pada Title Bar terdapat nama project, dan mode Visual Basic. Menu Bar menyimpan menu-menu yang berguna dalam pembuatan aplikasi. Dalam Toolbar kita dapat menemukan sejumlah shortcut dari menu-menu pada Menu Bar. Pada Window Utama juga terdapat posisi form dan ukuran form relatif terhadap layar dalam ukuran Twips.


Form
Di dalam form inilah kita membuat user interface aplikasi yang akan kita buat dengan menempatkan control-control. Bayangkan form sebagai kanvas, di dalam “kanvas” inilah kita akan menggambar bagaimana bentuk GUI aplikasi.

Toolbox
Didalam Toolbox kita dapat menemukan control-control yang dapat dipergunakan pada form. Control-control yang lain dapat ditambah dengan mengakses menu Project  Components atau dengan menekan tombol Ctrl + T.


Window Properties
Kita dapat merubah property-property dari object pada window property ini. Drop down pada window property menyimpan control-control pada form yang sedang aktif. Window property mempunyai 2 macam view, Alphabetic dan Categorized.

Form Layout Window
Dalam window ini kita dapat melihat posisi form relatif terhadap layar monitor kita.


Window Project
Window ini memperlihatkan daftar form dan module aplikasi yang sedang kita kerjakan.

Menempatkan control pada form
Ada 2 cara untuk menempatkan control pada form :
1. Klik ganda control pada toolbox. Aksi ini akan menambahkan control tersebut pada form dengan ukuran standar (default) di tengah-tengah Form.
2. Klik control di Toolbox, lalu pindahkan mouse pointer ke form. Tekan dan tahan tombol kiri mouse, drag sampai ukuran yang diinginkan, lepas tombol mouse.

Untuk memindahkan control, klik controlnya lalu pindahkan ke tempat yang anda inginkan. Pemindahan dapat juga dilakukan dengan menekan tombol Ctrl dan tombol panah kanan, kiri, atas atau bawah dengan catatan bahwa control yang ingin dipindahkan harus mendapat fokus.
Untuk merubah ukuran control, pindahkan mouse pointer ke tepi control, tekan dan tahan tombol kiri, drag sehingga didapat ukuran yang diinginkan. Cara lain yaitu dengan cara menekan tombol Shift dan tombol panah atas, bawah, kiri, atau kanan dengan catatan control yang ingin dirubah ukurannya harus mendapat fokus. Namun demikian, beberapa control tidak dapat dirubah ukurannya, contoh : CommonDialog, Timer.

Penamaan Control
Yang dimaksud dengan penamaan yaitu memberikan nilai kepada property Name pada control (semua control mempunyai property Name). Adapun aturannya :
- Maksimal 40 karakter
- Diawali dengan huruf
- Hanya boleh mengandung huruf, angka, dan garis bawah “_”.

Secara kesepakatan, untuk mempermudah membaca kode program, para programmer Visual Basic memberi awalan / prefix 3 huruf.


Jenis Control
Prefix
CommandButton
Label
TextBox
Frame
CheckBox
ComboBox
Timer
OptionButton
HscrollBar
DirListBox
Shape
Image
OLE Container Control
PictureBox
OptionButton
ListBox
VscrollBar
DriveListBox
FileListBox
Line
Data cmd
lbl
txt
fra
chk
cbo
tmr
opt
hsb
dir
shp
img
ole
pic
opt
lst
vsb
drv
fil
lin
dat


Visual Basic Object
Berikut ini akan kita bahas beberapa objek-objek dari Visual Basic.

1. Label
Label digunakan untuk menampilkan teks pada layar. Penamaan object label biasanya diberi awalan “lbl” untuk membedakannya dari object-object yang lain. Contoh: lblNamaPegawai, dapat digunakan untuk menamai sebuah label yang dipergunakan untuk menampilkan nama pegawai di form. Seperti object-object yang lain, label juga mempunyai property yang dapat dirubah/disetting pada waktu design-time atau pada waktu running-time. Beberapa property yang sering digunakan:
a. Alignment
Digunakan untuk memberi efek perataan tulisan pada label. Left Justify (rata kiri), Right Justify (rata kanan), Center (rata tengah).
b. Appereance
Digunakan dalam efek tampilan object. Flat atau 3D. Hanya dapat diatur pada design-time.
c. Autosize
Digunakan dalam penentuan ukuran object. Jika bernilai True maka ukuran label akan disesuaikan dengan ukuran tulisan/captionnya. Jika bernilai False maka ukuran label dapat kita tentukan sendiri.
d. BackColor
Digunakan dalam penentuan warna latar belakang dari label.
e. BackStyle
Digunakan dalam penentuan sifat label terhadap object lain yang berada dibawahnya. Transparent digunakan agar object lain yang berada dibawah label tersebut terlihat. Opaque digunakan agar object lain yang berada dibawah label tidak terlihat.
f. BorderStyle
Digunakan dalam penentuan border/garis tepi dari label. Gunakan None untuk membuat label tanpa border, atau Fixed Single untuk membuat label dengan border.
g. Caption
Mungkin ini property dari label yang paling sering kita atur. Dimana property caption menentukan tulisan apa yang akan ditampilkan oleh label tersebut.
h. Enable
Digunakan dalam penentuan apakah label itu dapat menerima event (click, double click, dsb) dengan nilai True atau tidak bila nilainya False.
i. Font
Digunakan dalam penentuan efek tulisan/caption. Jenis huruf, tebal, miring dapat ditentukan disini.
j. Fore Color
Digunakan dalam penentuan efek warna tulisan/caption label.
k. Visible
Digunakan dalam penentuan apakah label tersebut dapat terlihat atau tidak. Jika True maka kita dapat melihat label tersebut, sedangkan jika False kita tidak dapat melihat label tersebut.

2. TextBox

TextBox biasa dipakai untuk interaksi dengan user yang memerlukan input data dari keyboard. Misalnya kita gunakan textbox untuk nama user. Penamaan textbox diberi awalan “txt”. Sebagian besar property textbox sama dengan label, tetapi ada beberapa yang berbeda dan atau mempunyai arti yang tidak persis sama.
a. Enable
Jika property Enable dari textbox di set menjadi True maka kita dapat mengedit isi dari textbox, sedangkan jika bernilai False kita tidak dapat mengedit isi dari textbox tersebut.
b. MultiLine
Digunakan untuk menentukan apakah tulisan dalam textbox dapat terdiri dari beberapa baris. Jika bernilai True maka isi textbox dapat terdiri dari beberapa baris, sedangkan jika False hanya terdiri dari 1 baris.
c. Alignment
Berbeda dengan label, pada textbox property Alignment hanya dapat bekerja bila property MultiLine bernilai True.
d. PasswordChar
Digunakan untuk mengganti tampilan karakter yang kita ketik. Misalnya PasswordChar bernilai “*”, maka setiap karakter yang kita ketik akan ditampilkan dengan karakter “*” tersebut.
e. ScrollBar
Digunakan untuk menentukan apakah textbox tersebut memakai scrollbar atau tidak. None tanpa scrollbar, Horizontal jika textbox memakai scrollbar horizontal, Vertical jika textbox memakai scrollbar vertical, Both jika textbox memakai scrollbar horizontal dan vertical.
f. Text
Property textbox yang paling sering kita atur. Yaitu property tulisan/isi textbox.

3. CommandButton
CommandButton merupakan implementasi tombol pada Visual Basic. Jika kita memakai program berbasis windows yang lain, biasanya mereka menggunakan command button untuk interaksi user, seperti tombol OK, Cancel, Save, dsb. Awalan yang dipakai adalah "cmd". Property commandbutton sebagian besar sama dengan label. Beberapa perbedaan:
a. Cancel
Jika property ini bernilai True maka kita tidak perlu meng-klik tombol tersebut, kita cukup menekan tombol escape (ESC) pada keyboard. Dalam satu form hanya ada 1 tombol yang dapat mempunyai nilai True pada property Cancel-nya.

b. Default
Jika property ini bernilai True maka kita tidak perlu meng-klik tombol tersebut, kita cukup menekan tombol ENTER pada keyboard. Dalam satu form hanya ada 1 tombol yang dapat mempunyai nilai True pada property Default-nya.

4. OptionButton
OptionButton biasanya digunakan dalam pemilihan, dimana hanya satu pilihan yang dapat dipilih pada suatu saat tertentu. Penempatan OptionButton tergantung pada container-nya. Sekumpulan OptionButton dalam satu container, dianggap dalam satu grup dimana hanya ada 1 OptionButton yang dapat dipilih. Lihat gambar dibawah ini.
Disini 3 OptionButton dianggap satu grup dalam 1 container, yaitu form. Oleh karena itu hanya ada 1 OptionButton yang dapat dipilih (Option1). Bandingkan dengan gambar dibawah ini.
Dalam gambar diatas ada 2 OptionButton yang dipilih (Option2 dan Option4). Hal ini dimungkinkan karena container yang dipakai berbeda (Frame1 dan Frame2).
Jika sebuah OptionButton dipilih, maka property Value-nya bernilai True. Jika tidak dipilih maka Value-nya bernilai False.

5. CheckBox
Berbeda dengan OptionButton yang hanya dapat dipilih 1 dalam 1 container, kita dapat memilih satu, beberapa, atau bahkan semua checkbox karena chekbox tidak tergantung kepada container-nya. Walaupun begitu, kita dapat menempatkannya pada container seperti Frame untuk memberikan tampilan yang lebih jelas.
Property Value dari CheckBox terdiri dari 3 kemungkinan, 0-Unchecked, 1-Checked, 2-Grayed. Jadi dalam gambar kiri atas, nilai property Value Check1 adalah 0, Check2 adalah 1, dan Check3 adalah 2.

6. Menu Editor
Menu Editor dapat kita gunakan untuk membuat sistem menu dari program aplikasi. Jika terbiasa menggunakan program berbasis windows, tentu tidak asing lagi dengan istilah menu. Contoh : di dalam Microsoft Word kita dapat menemui menu-menu File, Edit, View dan sebagainya.
Untuk memulai pembuatan menu, aktifkan Menu Editor pada Toolbar Visual Basic. Jika icon nya disabled, aktifkan/tampilkan dulu form tempat dimana kita akan membuat sistem menu tersebut. Cara yang lain yaitu dengan klik kanan pada form tempat dimana kita akan membuat sistem menu lalu pilih Menu Editor.

Isi dari Caption akan ditampilkan pada layar, seperti property Caption pada Label. Jika Captionnnya diberi tanda "&" berarti selain mengklik menu kita dapat juga menggunakan tombol Alt dan huruf yang menyertai dibelakang tanda "&".
Isi dari Name adalah merupakan pengenal menu, seperti juga pada property Name pada object-object lainnya.
Menu juga dapat dilengkapi dengan Shortcut yang dapat dipilih dari Drop Down yang tersedia. Satu Shortcut hanya dapat diberikan kepada satu menu. (Contoh: Jika Ctrl+O sudah diberikan kepada Open, maka tidak bisa diberikan kepada menu Font, misalnya.)
Atur property Enabled untuk mengatur apakah menu dapat dipilih atau tidak dan property Visible untuk mengatur apakah menu dapat dilihat atau tidak.
Gunakan tombol panah kiri/kanan untuk mengatur indent dari menu. Menu yang berindent (menjorok ke dalam/kanan) adalah merupakan sub menu dari menu diatasnya yang menjorok lebih kekiri. Dalam gambar diatas, menu New dan Open merupakan sub menu dari menu File.

Fungsi String
Adakalanya didalam pembuatan sebuah program kita perlu memanipulasi string. Manipulasi ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan fungsi-fungsi bawaan Visual Basic yang memang diperuntukkan untuk memanipulasi string. Berikut diberikan beberapa fungsi yang sering dipakai. (Catatan: dalam program, penulisan string diapit dengan tanda kutip ganda).

1. Val(string)
Fungsi Val menerima sebuah argumen berupa string dan merubahnya menjadi numerik. Contoh: Val("1990") akan menghasilkan angka 1990. Val("1990 AD") akan menghasilkan angka 1990. Val("Th 1990") akan menghasilkan angka 0.

2. Left(string, length)
Fungsi Left yang menerima 2 buah argumen yaitu string dan length, akan menghasilkan string sepanjang length karakter. Contoh: Left(“Global”,3) akan menghasilkan “Glo”.

3. Right(string,length)
Jika fungsi Left mengambil karakter dari kiri, maka fungsi Right akan mengambil karakter dari kanan string sebanyak length karakter.
   Contoh: Right(“Global”,3) akan menghasilkan “bal”.

4. Mid(string,start,length)
Fungsi Mid akan mengambil karakter dari string dimulai pada posisi start sepanjang length karakter.
   Contoh: Mid(“Global”,3,3) akan menghasilkan “oba”.

5. Ltrim(string)
Fungsi Ltrim akan membuang semua spasi yang berada disebelah kiri string.
   Contoh: Ltrim(“ Global”) akan menghasilkan “Global”

6. Rtrim(string)
RTrim akan membuang semua spasi yang berada disebelah kanan string.
   Contoh: Nama = Ltrim(“Global ”) akan menghasilkan “Global”

7. Trim(string)
Fungsi Trim akan membuang semua spasi yang berada disebelah kanan dan di sebelah kiri string.
   Contoh: Trim(“ Global ”) akan menghasilkan “Global”

8. Len(string)
Fungsi Len akan menghitung jumlah karakter yang terdapat pada string.
   Contoh: Len(“Global”) akan menghasilkan 6

9. UCase(string)
Fungsi UCase akan merubah semua huruf pada string menjadi huruf besar/huruf kapital.
   Contoh: UCase(“Global”) akan menghasilkan “GLOBAL”

10. LCase(string)
Kebalikannya dari UCase, LCase akan merubah semua huruf pada string menjadi huruf kecil.
   Contoh: LCase(“GlobAL”) akan menghasilkan “global”